Tips Membeli Air Pistol Match

Untuk Keperluan Hiburan (Fun)

Jika air pistol ini diperuntukkan untuk fun bukan kompetisi, sebaiknya anda beli aja yg second yang harganya yang murah meriah macam pasopati atau air pistol CO2 lainnya. Tapi ingat air pistol CO2 kurang handal dalam artian susah untuk mencari part seal o-ring jika bocor. Terutama o-ring di bagian tabung/nepel penghubung antara tabung dan senapan yg sering kita copot pasang. Biasanya seal murah atau seal tahan panas sekalipun akan mengembang setelah terkena tekanan CO2. Material pengganti disarankan o-ring berbahan teflon, tetapi setahu saya jarang ditemui. Untuk Steyr LP1 CO2 masih bisa diganti dengan seal steyr LP10 UT (udara tekan/pressed air) yang baru dan banyak tersedia di agen Steyr. Jika ingin mudah dan murah beli aja air pistol per tarikan samping macam FWB atau pre charge pump.

Untuk Keperluan Kompetisi/Pertandingan

A. Kondisi Umum

Pastikan semua kondisi bagus, baik fisik (laras, grip dan trigger) maupun test shoot. Untuk test shoot senjata harus di klem/catok, 5 tembakan harus membentuk 1 lobang tidak boleh ada peluru yang berpencar. Tabung kompressi baik CO2 maupun UT (udara tekan/pressed air) tidak ada yang bocor. Jika tabung CO2 bisa di test dengan diisi dan direndam di dalam air. UT juga bisa demikian.

B. Kondisi Khusus

1. Trigger

Pastikan anda bongkar grip pistol dan lihat kondisi baut penyetelan trigger. Pastikan tidak ada yang cacat atau rusak. Jika ada yang cacat tapi ditawarkan dengan harga yang bagus pastikan semua baut tersebut bisa diputar dan bekerja dengan baik. Baut ini vital sama pentingnya dengan kondisi laras senjata anda. Karena hasil akhir tembakan pistol anda salah satunya tergantung pada penyetelan dan penggunaan trigger yang baik. Minimal tarikan adalah 500 gram. Pastikan anda menyetel trigger ini dan dapat berat minimal 500 gram (bahkan bisa disetel kurang dari 500 gr). Beberapa pistol bekas kehilangan kemampuan ini, ada yang salah setel sehingga berat pistol tidak bisa menyentuh 500 gr, dapat terlalu ringan atau terlalu berat. Dalam settingan baut trigger ada baut yang disegel dengan cat (biasa warna merah) pastikan baut ini asli tidak pernah diotak atik oleh pemilik sebelumnya atau anda. Jika sudah pernah diotak atik saya sarankan untuk tidak membelinya. Pilih yang punya kemampuan 2 stage trigger (ada 2 tarikan trigger) . Morini memiliki electronic trigger sebaiknya anda menghindari tipe seperti ini. Jika perangkat elektronik rusak anda akan susah melakukan perbaikan dan bisa bisa senjata anda tidak bisa menembak lagi. Manual tetaplah yang terbaik jika anda tinggal di Indonesia.

2. Laras

Pastikan secara fisik tidak ada cacat baik alur atau bengkok. kemudian lakukan test penembakan dengan menjepit senjata. 5 peluru harus membentuk 1 lubang tidak boleh ada yang keluar grup.

3. Tabung Kompressi

Jika jenis UT (udara tekan/pressed air) pastikan jarum tekanan bekerja. Jika CO2 pilihlah yang masih memiliki savety valve karena ini berguna membuang kelebihan CO2 jika terjadi perubahan suhu. CO2 mudah memuai akibatnya saat anda menembak peluru bisa turun karena hammer tidak kuat memukul valve. Jika anda beli CO2 tanyakan kepada pemilik sebelumnya apakah pernah melakukan modif pada per valve? Jika benar anda sebaiknya meminta per asli (jika masih bagus) atau mengganti dengan per original. Biasanya orang memodif pistol CO2 untuk UT dengan memodif per valve depan dengan per yang lebih keras. Pastikan anda mendapatkan nepel pistol anda untuk mengisi tabung

4. Perangkat Bidik

Ada front sight dan rear sight. Untuk rear sight pastikan semua bekerja baik baut penyesuaian vertikal atau horizontal. Tips putar sampai pol baut penyesuaian horisontal ke kanan dan ke kiri sampai pol semua harus jalan dengan baik dan ada bunyi klik. Demikian juga pengatur horisontal. Cobalah atur dan lakukan test tembak. Jangan sampai baut putaran vertikal/horizontal udah pol tapi tembakan belum zero. Kalau ini terjadi ada beberapa sebab antara lain laras bengkok. Penempatan grip yang tidak tepat (cek baut pengatur grip). Jika tidak teratasi, jangan beli air pistol tersebut. Front sight pastikan tidak bengkok dan bentuknya rata. Lebih baik pilih front sight lebar 4 mm s/d 4,5 mm. 5 mm juga ok untuk grouping tapi untuk presisi kurang begitu baik. Pemilihan front sight tergantung dari strategi pemenangan anda saat kompetisi. Untuk detailnya sih masih rahasia masing-masing he.. he.. he...

5. Grip

Ukuran grip ada yang extra small, small, medium, large, dan extra large. Belum pasti tangan anda cocok dengan grip pada air pistol yang anda beli. Percayalah grip yang tidak cocok/pas dengan ukuran tangan anda akan berakibat buruk pada hasil tembakan anda. Design grip match sangat khusus, belum tentu perajin lokal bisa membuat yang pas dengan tangan anda. Jika anda beli grip baru harganya mahal jarang di sini jual, tapi harus order langsung. Atau jika tangan anda ukuran medium sedangkan grip pistol yang anda mau beli ukuran small anda bisa pinjam grip jenis pistol yang sama dengan ukuran medium dan minta perajin lokal bikin copy-nya. Atau he.. he.. he.. (banyak ataunya nih) anda tambal dengan dempul plastik/kayu grip yang kekecilan tadi agar pas dengan tangan anda. Dampaknya grip akan pas dengan tangan anda tapi akan terasa lebih berat (beda dikit). Ingat jangan dempul grip xtra small dengan tangan anda ukuran medium hasilnya akan sangat buruk. Kalau mau main dempul sebaiknya bikin copy nya, yang original disimpan yang di dempul dan diamplas yang copy nya. Ongkos bikin copy grip pistol RP. 400.000,- (di Cipacing). Untuk FWB ukuran medium dirasakan lebih besar dari ukuran medium pistol Steyr. Ukuran medium di FWB setara ukuran large di Steyr.

6. Suku Cadang

Sebaiknya beli senjata yang memiliki suku cadang lumayan mudah ditemui. Biasanya Steyr dan FWB realtif lebih mudah ditemui suku cadangnya. Akan lebih beruntung jika anda beli pistol bekas yang masih ada spare seal-nya. Untuk pistol baru biasanya diberikan spare seal. Morini bagus tapi anda mungkin susah menemukan suku cadangnya di sini.

7. Asesoris

Biasanya pistol baru sudah ada tools macam obeng kunci L dan spare part tambahan. Tas senjata udah jadi perlengkapan wajib. Jika bekas nego saja untuk beli sekalian dapet tas senjatanya. Biasanya akan diberikan karena tas itu juga tidak terpakai saat anda beli pistol penjual.

8. CO2 atau UT

Untuk CO2 lebih murah, tabung pengisian murah bisa menggunakan tabung pemadam yang harganya murah. Tapi ribet saat lomba karena tidak ada meter yang mengindikasikan berapa banyak isi tekanan CO2 dalam tabung anda. Cara mengetahuinya ya harus ditimbang, tabung kosong berapa gram beratnya lalu anda isi maka akan bertambah beratnya. Itu yang harus anda ingat. Karena CO2 dimampatkan akan berubah jadi cair. Hasil tembakan CO2 bisa beragam terjadi jika ada perubahan tekana udara ekstrem (walau jarang terjadi). Tips sebelum lomba tembakkan beberapa kali pistol anda agar tekanan CO2 menjadi lebih konstan. gunakakan kepekaan telinga anda untuk mendengar pattern ledakan. Kalau udah seragam berarti siap untuk digunakan.

Untuk UT (udara tekan/pressed air) lebih praktis tapi mahal. Karena anda harus beli tabung scuba. Disarankan beli yang besar karena anda cukup bawa tabung bawaaan pistol 2 buah untuk 1 hari kompetisi dan itu cukup 1 tabung saja. Jika punya dana lebih beli scuba yang kecil/hill pump. Sangat praktis untuk kompetisi dan anda bisa dengan presisi mengisi tabung UT pistol anda. Hasil tembakan relatif seragam dan terkontrol karena ada regulator. Test tembakan 5 peluru di atas memastikan regulator senjata anda masih berfungsi atau tidak.

9. Harga

Untuk air pistol baru harga relatif mahal. Jangan mudah percaya apa kata penjual yang bilang menembak pistol itu mudah karena si "A" baru aja beli pistol merk "X" hanya dalam waktu beberapa bulan saja sudah bisa juara. Statistik membuktikan record dunia air pistol 10 meter men 593 setelah 20 tahun baru terpecahkan, tapi cuma selisih 1 poin jadi 594, dan sampai sekarang belum terpecahkan lagi. Kalau senapan skor 600 udah bolak balik dipecahkan. Jumlah petembak senapan lebih banyak dari petembak pistol. Jika anda pecinta senapan pikir dua kali sebelum anda menyesal membelanjakan 28 juta hanya untuk sebuah air pistol. Anda bisa beli senapan import kualitas bagus dengan uang sebanyak ini dan masih bisa berprestasi di siluet relatif lebih mudah. Tapi jika anda bermental baja dan nekad ingin juara silahkan anda beli yang baru sekalian. Anda buang buang uang jika beli bekas walau harganya lebih murah, karena suatu saat anda juga akan beli baru. Mendingan beli baru sekalian. Pistol merk "X" bagus untuk petembak "A" belum tentu cocok dengan karakter anda. Mainlah ke lapangan tembak jika bisa minta ijin petembak untuk mencoba pistol mereka rasakan bedanya dan tentukan pilihan. Kalo mau coba senjata punya saya, udah pasti jarang yang bisa (ya iyalah... saya kan penembak kidal, gripnya aja beda... he.. he..).

Kalau saya pribadi memilih pistol pertama kali itu pistol harus terlihat cantik di mata saya (kayak lihat cewe aja...), kedua trigger, grips, dan keleluasaan pengaturan sight dan setting senjata, test grup harus membentuk 1 lubang, dan tidak ada cacat performa. Untuk cacat fisik sedikit masih bisa saya toleransi.

Oke... semoga bermanfaat buat anda.